Dr. Ir. Danang Manumono, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Produk Pertanian (Studi Kasus : PT. Panca Mitra Niaga, Batam, Kepulauan Riau)


STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PRODUK PERTANIAN (STUDI KASUS: PT. PANCA MITRA NIAGA, BATAM, KEPULAUAN RIAU)
Rifka Puji Mayasari 1, Danang Manumono 2, Arum Ambarsari 3
Fakultas Pertanian Institut Pertanian STIPER Yogyakarta

ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran (7P) dan strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threats) di PT. Panca Mitra Niaga, Batam, Kepulauan Riau.
Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif. Penentuan lokasi menggunakan metode sensus. Metode penentuan sampel menggunakan metode sensus untuk sampel manajer perusahaan, serta purposive sampling dan accidental sampling untuk sampel konsumen sebanyak 30 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dengan strategi SO, WO, ST, dan WT.
Hasil analisis SWOT, diketahui bahwa strategi yang dapat dirumuskan adalah strategi SO (strength opportunity), perusahaan berupaya menjaga kualitas produk dan menjalin hubungan baik dengan mitra maupun reseller guna menjaga citra positif perusahaan dan loyalitas pelanggan. Strategi ST (strength threats) yang dilakukan adalah perusahaan berupaya meningkatkan produktifitas dan loyalitas karyawan dengan pemberian motivasi kerja, memberikan service level melalui keramahan dan kesopanan karyawan kepada reseller, serta berupaya menjangkau seluruh pasar yang ada di wilayah Kepulauan Riau. Selanjutnya strategi WO (weakness opportunity), perusahaan melakukan kegiatan promosi melalui media cetak dan media elektronik, juga ikut pameran dagang dan bazar. Pelaksanaan kegiatan promosi tergantung pada kondisi keuangan perusahaan. Serta strategi WT (weakness threats), perusahaan berupaya membangun hubungan kerja sama yang baik dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Kata kunci: Strategi Bauran Pemasaran, Produk Pertanian, Analisis SWOT

LOADING LIST...
rifkamayasari66@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...