Dewi Maria Marpaung; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH APLIKASI JAMUR MIKORIZA ARBUSKULA DAN POC TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi jamur mikoriza dan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di lahan Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta dan Laboratorium Institut Pertanian Stiper. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juli 2019.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap ( RAL ) yang terdiri dari 2 faktor, faktor pertama adalah aplikasi jamur mikoriza arbuskula terdiri dari 4 aras (kontrol, aplikasi saat tanam, aplikasi 1 bulan sesudah tanam, dan aplikasi 2 bulan sesudah tanam). Faktor kedua adalah aplikasi pupuk organik cair terdiri dari 3 aras (kontrol, 1 kali satu bulan, dan 2 kali satu bulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi nyata antara aplikasi jamur mikoriza dan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Aplikasi pupuk organik cair memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
LOADING LIST...
marpaungsay@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...