Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Manajemen Sistem Pergudangan dalam Penyimpanan dan Pendistribusian di Gudang dengan Sistem Resi Gudang (SRG) kabupaten Bantul


Pergudangan merupakan salah satu infrastruktur dalam sistem logistik nasional memiliki peran penting dalam menunjang ketersediaan dan kelancaran barang yang diperdagangkan. Pemerintah telah berupaya untuk menghadirkan gudang dengan sistem resi gudang akan tetapi masih belum dimanfaatkan optimal oleh penggunanya, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sistem pengadaan di Gudang dengan Sistem Resi Gudang (2) Mengetahui sistem penyimpanan di Gudang dengan Sistem Resi Gudang (3) Mengetahui sistem pendistribusian di Gudang dengan Sistem Resi Gudang.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriptif dengan pendekatan Studi Kasus, deep interview dan observasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Purpossive Sampling yang digunakan untuk menentukan sampel dari petani dan pengelola gudang. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didukung oleh tabel dan gambar.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Barang yang diterima dan disimpan di gudang SRG Bantul adalah gabah, beras dan jagung. Penerimaan barang melibatkan 4 lembaga yaitu PT. Kliring Berjangka Indonesia sebagai pusat registrasi, UD Jastasma sebagai lembaga penilai kesesuaian, Jasindo sebagai lembaga asuransi dan bank BRI sebagai kreditur resi gudang. Pengadaan barang di wilayah Bantul baru terima dari 1 kelompok tani, 3 koperasi dan 7 petani. (2) Target penyimpanan tahunan belum pernah tercapai. Target penyimpanan dengan realisasi terbesar ada pada tahun 2012 pada komoditas gabah sebesar 69,25%. Pendapatan gudang dari penyimpanan belum dapat menanggulangi biaya operasional. Keuntungan dari penggilingan dan pengeringan ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi pembiayaan operasional gudang. (3) SRG Bantul tidak memiliki peran distribusi sepanjang tahun 2011-2020 karena distribusi dilakukan oleh petani sendiri. (4) Keuntungan dari penggilingan dan pengeringan ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi pembiayaan operasional gudang.
LOADING LIST...
asfitatsr@gmail.com
Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP - Personal Name
Dr. Ir. Purwadi, MS. - Personal Name
Asto Utomo - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...