Dr. Ir. Agatha Ayiek Sih Sayekti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN MENGENAI KETERSEDIAAN AKSES TEKNOLOGI INFORMASI DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. SURYA CIPTA KAHURIPAN (DSN GROUP) KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN


KAJIAN MENGENAI KETERSEDIAAN AKSES TEKNOLOGI INFORMASI di PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. SURYA CIPTA KAHURIPAN
(Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan)
I Gusti Agung Ketut Dharma Subyaktha2), Purwadi1, Ida Bagus Banyuro Partha1)
1)Dosen Program Magister Manajemen Perkebunan Instiper Yogyakarta
2)Mahasiswa Magister Manajemen Perkebunan Instiper Yogyakarta
Program Studi Magister Manajemen Perkebunan
Institut Pertanian STIPER Yogyaktara
Jl. Petung No. 2 Papringan, Yogyakarta
igustiagung1995@gmail.com, mmp@instiperjogja.ac.id
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak yang ditimbulkan dengan tersedianya akses teknologi informasi di perkebuna kelapa sawit di Indonesia. Penelitian ini dilakukan di PT. Surya Cipta Kahuripan salah satu anak perusahaan Dhanista Surya Nusantara. Penelitian dilakukan pada tanggal 28 November 2019 s.d. 20 Desember 2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Data yang peroleh dalam penelitian kemudian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan kemudian di interpretasikan. Populasi dalam pennelitian ini adalah staff dan karyawan dari PT. Surya Cipta Kahurripan yang berjumlah 513 orang (pada saat penelitian). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik penambilan sampel purposive sampling (sampel yang bertujuan). Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 84 orang dengan persentase tingkat kesalahan yang dapat ditoleransi (error) adalah 0.10 atau 0.1%. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara.
Dari hasil analisis karakteristik responden terdiri dari 34,52% perempuan dan 65,48% laki – laki. Status responden terdiri dari 5,9% berstatus staff, 67,86% berstatus karyawan dan 26,19% berstatus istri. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa pada umumnya responden setuju dengan pernyataan yang diajukan, hal ini dapat dilihat dari data berikut : kategori staff sebanyak 62,42% responden, kategori karyawan 64,65% responden dan kategori istri 54,27% responden menjawab setuju. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa TI memberikan pengaruh yang besar dalam kegiatan sehari – hari maupun dunia kerja, sehingga diperlukan strategi - strategi yang matang dalam proses penerapannya. Peluang memperoleh manfaat yang baik dari adanya TI dapat diperoleh dengan memanfaatkan kekuatan yang ada kemudian meminimalisir kelemahan serta ancaman dari TI sehingga kehadiran TI dapat berguna dalam lingkungan sehari – hari, ekonomi keluarga dan dunia kerja.

Kata kunci : Teknologi Informasi, Sosial, Ekonomi, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja
KAJIAN MENGENAI KETERSEDIAAN AKSES TEKNOLOGI INFORMASI di PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. SURYA CIPTA KAHURIPAN
(Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan)
I Gusti Agung Ketut Dharma Subyaktha2), Purwadi1, Ida Bagus Banyuro Partha1)
1)Dosen Program Magister Manajemen Perkebunan Instiper Yogyakarta
2)Mahasiswa Magister Manajemen Perkebunan Instiper Yogyakarta
Program Studi Magister Manajemen Perkebunan
Institut Pertanian STIPER Yogyaktara
Jl. Petung No. 2 Papringan, Yogyakarta
igustiagung1995@gmail.com, mmp@instiperjogja.ac.id
ABSTRACT
This study aims to determine how the impact caused by the availability of access to information technology in oil palm plantations in Indonesia. This research was conducted at PT. Surya Cipta Kahuripan is a subsidiary of Dhanista Surya Nusantara. The study was conducted on November 28, 2019 until December 20, 2019.
The method used in this research is quantitative descriptive method. The data obtained in the study were then analyzed in accordance with the statistical methods used and then interpreted. The population in this study were staff and employees of PT. Surya Cipta Kahuripan, amounting to 513 people (at the time of the study). The sampling method used was nonprobability sampling with a purposive sampling technique. The number of respondents involved in this study amounted to 84 people with the percentage of error rates that can be tolerated (error) is 0.10 or 0.1%. The type of data used is primary and secondary data. Data collection techniques used were questionnaires and interviews.
From the results of the analysis of the characteristics of the respondents consisted of 34.52% women and 65.48% men. Respondent status consisted of 5.9% staff status, 67.86% employee status and 26.19% wife status. The analysis shows that in general the respondents agreed with the statement submitted, this can be seen from the following data: staff categories were 62.42% of respondents, employee categories 64.65% of respondents and wife categories 54.27% of respondents answered agreed. From these data it can be concluded that IT has a great influence on daily activities and the world of work, so that mature strategies are needed in the process of application. Opportunities to get good benefits from IT can be obtained by utilizing existing strengths and then minimizing the weaknesses and threats from IT so that the presence of IT can be useful in everyday environments, the family economy and the world of work.

Keywords: Information Technology, Social, Economy, Work Environment, Work Culture

LOADING LIST...
igustiagung1995@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...