Dina Mardhatilah, STp, Msi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Karakteristik Asap Cair yang Dihasilkan dari Pirolisis Tandan Kosong Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) dan Potensinya sebagai Porous Agent pada Gypsum


Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui suhu dan lama waktu pirolisis yang baik untuk menghasilkan karakteristik asap cair yang paling baik sebagai porous agent pada gypsum.
Penelitian dilakukan dengan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan 2 faktor, yaitu faktor pertama adalah suhu pirolisis 150 oC (A1), 250 oC (A2), dan 350 oC (A3) dan faktor kedua adalah lama waktu pirolisis selama 2 jam (B1), 4 jam (B2) dan 6 jam (B3). Analisis yang dilakukan adalah analisis kadar rendemen, pH, persen area fenol, persen area asam asetat, uji ketebalan gypsum dan uji struktur gypsum.
Hasil Penelitian menjunjukjan bahwa suhu pirolisis berpengaruh terhadap peningkatan kadar rendemen dan lama waktu pirolisis berpengaruh terhadap derajat keasaman (pH) asap cair. Persen area fenol tertinggi pada asap cair diperoleh pada perlakuan suhu 250 oC (A2) selama 6 jam (B3) (38,69 %). Sedangkan kadar asam asetat tertinggi pada asap cair dengan perlakuan 150 oC (A1) selama 2 jam (B1) (35,5 %). Jika melihat pada analisis ketebalan dan struktur gypsum, suhu pirolisis asap cair yang menghasilkan karakteristik asap cair yang paling baik sebagai porous agent pada gypsum adalah pada perlakuan suhu 350 oC (A3) dengan lama waktu 4 jam (B2).
Asap cair yang menjadi porous agent terbaik pada gypsum didapatkan dari perlakuan A3B2 yaitu pada suhu pirolisis 350 oC dan lama waktu 4 jam. Asap cair ini menghasilkan struktur gypsum berpori yang paling baik dengan pertambahan ketebalan yang paling tinggi yaitu sebesar 25,87 %. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa asap cair ini cukup prospektif untuk dikembangkan sebagai porous agent gypsum yang dapat digunakan sebagai alat peredam suara.
LOADING LIST...
yosuawahyu1987@gmail.com
Dina Mardhatilah, STp, Msi - Personal Name
Kuni Faizah, S.Si, M.Sc. - Personal Name
Yosua Wahyu Widodo - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...