Dr. Ir. Purwadi, MS.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

DAMPAK TURUNNYA HARGA TBS TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN KERUMUTAN KABUPATEN PELALAWAN PROVINSI RIAU


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan petani kelapa sawit sebelum terjadinya penurunan harga di Kecamatan Kerumutan dan untuk mengetahui pendapatan petani kelapa sawit sesudah terjadinya penurunan harga di Kecamatan Kerumutan.
Lokasi yang dipilih secara sengaja (purposive) yaitu Kecamatan Kerumutan. Jumlah responden sebanyak 30 orang dengan menggunakan metode snowball sampling. Data digunakan menggunakan teknik pencatatan, observasi dan wawancara dengan bantuan pencatatan. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan usahatani sebelum terjadinya penurunan harga kelapa sawit perbulannya yaitu Rp3.229.539, pendapatan ini cukup tinggi karena pendapatan yang diperoleh melebihi dari UMR di Provinsi Riau tahun 2019 dan rata-rata pendapatan usahatani sesudah terjadinya penurunan harga kelapa sawit perbulannya yaitu Rp1.221.205, pendapatan ini cukup rendah karena pendapatan yang di peroleh kurang dari UMR di Provinsi Riau tahun 2019.


Kata kunci: pendapatan petani kepala sawit

LOADING LIST...
andrianpratama3197@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...