Dr. Ir. Candra Ginting, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PENGGUNAAN BERBAGAI MACAM BAHAN ORGANIK DAN JENIS TANAH TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma cacao)


ABSTRAK

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan limbah Organik terhadap pertumbuhan tanaman kakao, untuk mengetahui Interaksi antara penggunaan limbah Organik dengan pertumbuhan kakao diberbagai jenis tanah serta untuk mengetahui bahan organik mana yang paling baik untuk pertumbuhan tanaman kakao, telah dilaksanakan di Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Waktu penelitian Maret - Juni 2019.
Penelitian ini merupakan percobaan factorial yang terdiri dari 2 faktor dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah macam bahan organik, terdiri dari 3 macam yaitu, tanpa menggunakan bahan organik, ampas tahu, kotoran sapi dan kotoran ayam, masing – masing 250 gr. Faktor kedua adalah jenis tanah, terdiri dari 3 aras yaitu, regusol, latosol dan Grumusol. Dari kedua factor tersebut diperoleh 4 x 3 = 12 kombinasi perlakuan dan ulangan sebanyak 3 ulangan. Tiap ulangan digunakan 2 tanaman, sehingga jumlah seluruh tanaman dalam penelitian 12 x 3 x 2 = 72 tanaman
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi kombinasi yang baik antara sumber bahan organic dan jenis tanah terhadap pertumbuhan bibit kakao (Theobroma cacao). Pemberian bahan organik berupa kotoran sapi memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan tajuk bibit kakao (Theobroma cacao) dibandingkan dengan bahan organik lainnya. Pemakaian jenis tanah grumusol sebagai media tanam bibit kakao (Theobroma cacao) menghasilkan pertumnbuhan akar terbaik dibandingkan jenis tanah lainnya.
Kata kunci : bibit kakao (Theobroma cacao), bahan organic dan jenis tanah.

LOADING LIST...
rudialamsyah04@gmail.com
Dr. Ir. Candra Ginting, MP - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Rudi Alamsyah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...