Ir. Nila Ratna Juita A.,MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Evaluasi Kemitraan Perkebunan Inti Dengan Petani Plasma di PT. Poliplant Sejahtera


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1. Pola kemitraan yang di terapkan PT. Poliplant Sejahtera, 2. Kendala yang dihadapi pada pola kemitraan di perusahaan PT. Poliplant Sejahtera. Pola kemitraan PT. Poliplant Sejahtera dilaksanakan di Desa Harapan Baru, Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.
Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah snowball sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pencatatan, kuisioner, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif analisis .
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1. Pola kemitraan PIR-Trans PT. Poliplant Sejahtera mmapu mensejahterakan kehidupan masyarakat disekitar perusahaan, 2. Pelaksanaan program yang diberikan perusahaan kepada petani plasma adalah penyuluhan, bimbingan teknis, dan bantuan teknologi yang diberikan dan sebagai penyalur anatara petani plasma dan pabrik dalam memasarkan TBS. Sementara untuk penyediaan sarana produksi, perusahaan tidak memberikan bantuan kepada petani plasma, 3. Pola PIR-Trans ini, dapat diteruskan dan diterapkan karena memberikan keuntungan bagi banyak pihak (petani plasma dan perusahaan), 4. Kendala yang dihadapi oleh perusahaan yaitu adanya petani plasma yang menjual hasil TBS (Tandan Buah Segar) ke pabrik lain dengan alasan harganya lebih tinggi, sedangkan kendala yang dihadapi oleh koperasi dan petani PIR-Trans adalah pengiriman TBS ke pabrik yang melebihi kuota dari yang seharusnya para petani harus mengurus surat permohonan tambahan kuota, hal ini dirasakan petani kurang efektif dan tidak adanya bantuan transportasi alat angkut TBS sehingga ketika para petani mendapatkan produksi yang melimpah terjadi kekurangan alat transportasi.

Kata Kunci : Evaluasi, Kemitraan, Perkebunan Inti, Petani Plasma.

LOADING LIST...
tampubolonlaora@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...