Ragil Wibowo; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI KALIBRASI ALAT PEMUPUKAN FERTILIZER SPREADER EMDEK 350 (TURBO SPIN) UNTUK PENYEBARAN PUPUK TERHADAP EFEKTIFITAS DAN KINERJA ALAT PEMUPUK


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji cara kalibrasi alat pemupuk fertilizer spreader yang benar, menentukan waktu penyebaran pupuk pada setiap pokok, Menguji prestasi kerja alat dan penyebaran pupuk, menghitung biaya oprasional pemupukan.
Keefektifan pemupukan berhubungan dengan tingkat persentase hara pupuk yang diserap tanaman kelapa sawit. Efesiensi pemupukan dapat tercapai bila perhitungan dosis pupuk yang tepat, kalibrasi merupakan suatu kegiatan untuk mengetahui kelajuan penyebaran pupuk yang disebarkan sehingga digunakan untuk menentukan waktu yang diperlukan dengan penyebaran sesuai dosis yang ditentukan oleh perusahaan, Fertilizer Spreader merupakan alat pemupuk secara mekanis yang dapat menabur pupuk secara merata dipermukaan tanah, efektif dan efesien.
Hasil penelitian ini adalah prestasi kerja alat dari hasil penelitian di dapat sebesar 9.72 ha/jam. Efektif kerja yang di dapat dari hasil penelitian sebesar 48 % dan efektif penyebaran pupuk sebesar 41.4 %. Total cost sebesar Rp.139.261 /jam. Total biaya oprasianal pemupukan sebesar Rp.14.327 /Ha.

Kata kunci : Pemupukan, mekanisasi, fertilizer spreader.


LOADING LIST...
ragilwibowo572@gmail.com
Ragil Wibowo - Personal Name
Ir. Priyambada, MP - Personal Name
Ir. Gani Supriyanto, MP., IPM - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...