MEY WATI SITUMORANG; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI KOPI DI DUSUN JERUKWANGI DESA BEDONO KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG


Kopi masih menduduki komoditas andalan eskpor hasil pertanian selain kelapa sawit, karet, dan kakao. Kopi merupakan salah satu komoditi perkebunan yang diharapkan mampu meningkatan nilai devisa ekspor Indonesia. Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi tingkat produksi kopi di Dusun Jerukwangi, Desa Bedono, Kecamatan jambu, Kabupaten Semarang (2) Mengetahui tingkat efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi kopi di Dusun Jerukwangi, Desa Bedono, Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Metode penentuan sampel dengan cara Random Sampling sampel petani yang sambil 30 petani dari 145 petani. Metode analisis data menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas dan Efisien Harga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jumlah tanaman kopi dan penggunaan pupuk organik berpengaruh nayata terhadap produksi sedangkan jumlah tenaga kerja, penggunaan pupuk NPK dan umur tanaman tidak berpengaruh nyata. (2) Tingkat efisiensi penggunaan faktor produksi kopi yaitu tenaga kerja, pupuk Organik dan pupuk NPK < 1 sehingga tidak efisien maka dari itu perlu dikurangi input yang digunkan.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...