Agata Kusuma Putri; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN PERTANIAN DAN NON PERTANIAN DI KABUPATEN BANTUL


Seiring dengan dinamika pembangunan suatu daerah, perubahan penggunaan lahan atau dalam arti alih fungsi lahan menjadi kasus yang sering muncul kepermukaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi dan menentukan luas perubahan penggunaan lahan pertanian untuk menjadi non pertanian ataupun sebaliknya di Kabupaten Bantul dan memprediksi Trend luas penggunaan lahan pertanian dan non pertanian di tahun berikutnya di Kabupaten Bantul.
Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bantul dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bantul. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis data deskriptif dengan menggunakan tabel, grafik dan angka untuk menggambarkan perkembangan perubahan penggunaan lahan pertanian dan non pertanian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan trend untuk memprediksi kecenderungan perkembangan luas penggunaan lahan pertanian dan non pertanian dari tahun 2014-2019.
Hasil penelitian menunjukan perubahan penggunaan lahan terjadi di setiap kecamatan Kabupaten Bantul tahun 2016-2019 yaitu perubahan penggunaan lahan pertanian (sawah dan bukan sawah) menjadi lahan non pertanian ataupun sebaliknya, dengan total seluas 19.908,633 Ha atau 39,28% dari seluruh luas Kabupaten Bantul. Perkembangan luas penggunaan lahan berdasarkan analisis Trend untuk sawah dan bukan sawah di Kabupaten Bantul luasannya cenderung menurun untuk tahun 2020 berturut-turut menjadi seluas 15.450,50 Ha dan menjadi seluas 14.825,84 Ha, sedangkan perkembangan penggunaan lahan non pertanian luasannya cenderung meningkat untuk tahun 2020 menjadi seluas 20.327,28 Ha.

LOADING LIST...
kalkunrr23@gmail.com
Agata Kusuma Putri - Personal Name
Arum Ambarsari, SP., MP - Personal Name
Ir. Listiyani, MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...