Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN KONSENTASI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) URIN TERNAK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SELADA MERAH (Lactuca sativa L.)


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh macam pupuk organik cair (POC) urin ternak terhadap pertumbuhan dan hasil selada merah, untuk mengatahui pengaruh konsentasi pupuk organik cair (POC) urin ternak terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil selada merah, dan untuk mengatahui interaksi antara macam dan konsetrasi pupuk organik cair (POC) urin ternak terhadap pertumbuhan dan hasil selada merah. Penelitian ini dilaksanakan Kebun Petani yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan April 2019 sampai mei 2019.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial terdiri dua faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap. Faktor pertama adalah macam pupuk organik cair (POC) urin ternak terdiri dari 3 aras yaitu : POC Urin Sapi, POC Urin Kambing, dan POC Urin Kelinci. Faktor kedua adalah konsentrasi pupuk organik cair (POC) urin ternak yang terdiri dari 3 aras yaitu : Konsentrasi 10 ml/l. 30 ml/l, dan 50 ml/l, dan ditambahkan pupuk NPK sebagai kontrol. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance) pada jenjang 5%. Apabila ada beda nayata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda dengan DRMT dengan jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi nyata antara macam pupuk organik cair urin ternak dan konsentrasi pada parameter volume akar. Kombinasi POC urin kelinci 50 ml/l dan POC urin kambing 50 ml/l menghasilkan volume akar sama baik. Macam dan konsentrasi pupuk organik cair urin ternak memberikan pertumbuhan dan hasil selada merah yang sama baik. Selada merah dengan perlakuan kontrol (NPK) pertumbuhan dan hasil selada merah lebih baik dari macam urin ternak. Pupuk organik cair (POC) urin ternak belum mampu menggantikan pupuk NPK pada pertumbuhan dan hasil tanaman selada merah.

LOADING LIST...
rfatoni.agroteknologi@gmail.com
Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP. - Personal Name
Ir. Ni Made Titiaryanti, MP. (p) - Personal Name
Riza Fatoni - Personal Name
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...