Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PENGARUH CURAH HUJAN DAN TIPE TANAH TERHADAP KARAKTERISTIK PRODUKSI TANAMAN KELAPA SAWIT DI PT. KIMIA TIRTA UTAMA


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh curah hujan dan tipe tanah terhadap karakteristik produksi tanaman kelapa sawit. dan mengetahui interaksi antar curah hujan terhadap produktivitas tanaman kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di PT. Kimia Tirta Utama Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Provinsi Pekanbaru Riau.
Penelitian menggunakan metode percobaan yang disusun menggunakan Uji T dan uji regresi dan korelasi. Faktor pertama adalah curah hujan dan Faktor kedua adalah tipe tanah . Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukan jenis tanah mineral pada parameter bunga jantan yang tidak berbeda nyata pada bunga jantan di lahan gambut. Sedangkan pada parameter bunga betina menujukan hasil yang paling baik pada tanah mineral namun tidak berbeda nyata pada hasil di lahan gambut. Untuk parameter jumlah TBS menunjukan hasil yang paling baik adalah pada tanah mineral dan tidak berbeda nyata terhadap jumlah TBS di lahan gambut.
Hasil analisis rgeresi dan korelasi menunjukan bahwa hubungan antara curah hujan dengan produktivitas dilahan mineral (-4.921 X) dan dilahan gambut (-4.1883 X) keduanya bernilai negatif terhadap produktivitas, hubungan keduanya juga lemah atau tidak erat karena koefisien korelasinya mendekati 0 (0,0645) dan (0.1225).

Kata kunci: curah hujan, tipe tanah, produktivitas.



LOADING LIST...
nuryudap622gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...