Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Triakontanol dan Pupuk NPKMg Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery


INTISARI

BAGIO ARNANDA
16/18158/BP/SPKS

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh triakontanol dan pupuk NPKMg terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian STIPER Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap atau Completely Randomized Design (CRD), yang terdiri atas dua faktor. Faktor yang pertama adalah konsentrasi Triakontanol (T) yang terdiri dari 4 konsentrasi yaitu: T0 = 0,00 ml/l, T1 = 0,10 ml/l, T2 =0,15 ml/l , T3 =0,20 ml/l. Faktor kedua adalah dosis pupuk majemuk NPKMg (P) yang terdiri dari 4 dosis yaitu: P0 = 0 g/tanaman, P1 = 1,5 g/tanaman, P2¬ = 2,0 g/tanaman dan P3 = 2,5 g/tanaman.
Hasil sidik ragam menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara perlakuan konsentrasi Trakontanol dan dosis pupuk NPKMg terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, Aplikasi Triakontanol dengan konsentrasi 0,10 ml/l, 0,15 ml/l dan 0,20 ml/l belum meningkatkan luas daun dan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, Pemberian pupuk NPKMg dengan dosis 1,5 g, 2,0 g dan 2,5 g tidak meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.


Kata kunci: Triakontanol; NPKMg; Pembibitan kelapa sawit.

LOADING LIST...
Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P) - Personal Name
Arif Umami, S.Si.,M.Sc - Personal Name
Bagio Arnanda - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
Yogyajarta
LOADING LIST...