Dr.Yohana Theresia Maria Astuti,MSi (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH VOLUME DAN FREKUENSI APLIKASI LIMBAH CUCIAN IKAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi volume limbah cucian ikan serta interaksi antara dan frekuensi aplikasi POC limbah cucian ikan pada pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Maguwoharjo, kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Februari hingga Mei 2019.
Rancangan penelitian menggunakan rancangan acak lengkap pola faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah volume pupuk organik cair limbah cucian ikan yang terdiri dari empat aras yaitu 65 ml, 75 ml, 90 ml dan NPK sebagai kontrol yang dilakukan sebanyak 3 ulangan. Faktor kedua adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari tiga aras yaitu 3 hari sekali, 7 hari sekali , dan 10 hari sekali. Data tiap parameter dianalisis menggunakan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi antara perlakuan volume dan frekuensi penyiraman limbah cucian ikan. Kombinasi perlakuan volume dan frekuensi penyiraman limbah cucian ikan tidak berpengaruh nyata terhadap parameter yang diamati. Perlakuan volume dan frekuensi penyiraman limbah cucian ikan berpengaruh nyata terhadap berat kering akar dengan volume 90 ml dan frekuensi penyiraman 7 hari sekali.
Kata kunci : Pembibitan kelapa sawit, POC limbah cucian ikan.

LOADING LIST...
gaudensiussalomon0102@gmail.com
NONE
Text
INSTIER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...