Dr. Ir. Candra Ginting, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH WAKTU MULAI DARI TURUN BUAH SAMPAI DIOLAH TERHADAP KUALITAS CRUDE PALM OIL


PENGARUH WAKTU MULAI DARI TURUN BUAH SAMPAI DIOLAH TERHADAP KUALITAS CRUDE PALM OIL
DANIEL R. H. SIMANJUNTAK
16/18629/BP_ANTAN

INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) berdasarkan lama waktu pengangkutan buah kelapa sawit yang sudah dipanen dari pohon hingga sampai ke loading ramp agar dapat diketahui dampak yang ada pada kualitas CPO apabila buah kelapa sawit terlalu lama dilakukan pengolahan sehingga bisa meminimalisir keterlambatan waktu pengangkutan hasil panen.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap ( RAL ) faktorial yang terdiri dari 1 faktor dengan 5 kali ulangan. Faktor pada penelitian ini yaitu waktu dengan 3 aras yaitu 17 jam, 25 jam, 28 jam, 30 jam, 32 jam, dan 36 jam. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya interaksi dan pengaruh nyata antara waktu dengan kadar asam lemak bebas, kadar rendemen, serta kadar air pada CPO. Pengaruh waktu terhadap kadar asam lemak bebas crude palm oil menunjukkan peningkatan semakin lama waktunya. Pada rendemen pengaruh waktu menunjukkan penurunan tingkat kadar rendemen semakin lama waktu. Demikian juga pada kadar air yang semakin menurun pada perlakuan waktu yang lebih lama sehingga semakin lama waktu pengolahan maka kadar airnya semakin rendah.

Kata Kunci : Asam lemak bebas, rendemen, kadar air, CPO






LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...