Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI APLIKASI LIMBAH CUCIAN BERAS TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS Jacq) DI PRE NURSERY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui konsentrasi dan frekuensi aplikasi limbah cucian beras terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai Mei 2019.
Penelitian menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi POC yang terdiri dari dari 4 aras yaitu: Kontrol (NPK), 300 ml/l, 400 ml/l, dan 500 ml/l. Faktor kedua adalah frekuensi aplikasi limbah cucian beras yang terdiri dari 3 aras yaitu: 3 hari sekali, 7 hari sekali, dan 10 hari sekali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi dan frekuensi aplikasi limbah cucian beras tidak ada interaksi nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Aplikasi limbah cucian beras pada konsentrasi 400 ml/L dan 500 ml/L dapat mengimbangi peran NPK dan meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Frekuensi aplikasi limbah cucian beras 10 hari sekali sudah mencukupi pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
Kata Kunci : POC, Air Cucian Beras, konsentrasi, Frekuensi dan Bibit Kelapa sawit.

LOADING LIST...
Khairulmuslimin2@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...