Dr. Ir. Harsawardhana, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI KOMPARATIF PETANI SWADAYA DENGAN PETANI KUD DAYO MUKTI MITRA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PIR – TRANS SEI TAPUNG DESA DAYO KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU


STUDI KOMPARATIF PETANI SWADAYA DENGAN PETANI KUD DAYO MUKTI MITRA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PIR – TRANS SEI TAPUNG DESA DAYO KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU

RAMADANSYAH
NIM.17.12.68.MMP

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas dan manajemen teknis pengelolaan kebun kelapa sawit antara petani anggota KUD Dayo Mukti mitra PTPN V sei Tapung dengan petani swadaya (mandiri) penduduk Desa Dayo.
Penelitiah ini menggunakan metode deskriptif komparatif, yaitu dengan cara membandingkan dan mengambarkan dengan data yang diperoleh dari petani KUD Dayo Mukti mitra PTPN V Sei Tapung dengan petani swadaya (mandiri) Desa Dayo.jenis data yang diambil dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder dengan metode pengambilan sampel bola salju (Snow ball) dengan jumlah responden 20 orang dari petani KUD dan 20 orang dari petani swadaya (mandiri).
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produksi petani anggota KUD Dayo Mukti mitra PTPN V Sei Tapung lebih tinggi dengan produksi 7,7 Ton/ha. Sedangkan petani swadaya (mandiri) dengan produksi 3,5 Ton/ha. Terdapat perbedaan pada proses teknis pengelolaan kebun kelapa sawit petani anggota KUD dengan petani swadaya (mandiri). Semua kegiatan teknis budidaya kebun kelapa sawit petani KUD secara keseluruhan dilakukan oleh KUD sedangkan petani swadaya (mandiri) melakukan teknis budidaya secara swadaya.


Kata Kunci : Perbandingan, manajemen, produksi, KUD, Petani swadaya

LOADING LIST...
dansyah54@gmail.com
Dr. Ir. Harsawardhana, M.Eng (P) - Personal Name
RAMADANSYAH - Personal Name
Dr. Ir. Ayiek Sih Sayekti, MP (P) - Personal Name
Dr. Ir. Purwadi. MS - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
LOADING LIST...