Dr. Ir. Danang Manumono, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS RANTAI PASOK KOPI DI KABUPATEN KULON PROGO(STUDI KASUS DESA GERBOSARI KECAMATAN SAMIGALUH)


ANALISIS RANTAI PASOK KOPI KABUPATEN KULON PROGO
GATOT NUGROHO
15/17884/EP

INTISARI

Penelitian ini bertujuan mengetahui aliran produk, aliran keuangan, aliran informasi, nilai tambah, dan kinerja rantai pasok kopi Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode penentuan lokasi berdasarkan Studi Kasus Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh dan metode penentuan sampel petani menggunakan metode Purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 15 orang petani kopi, 1 orang prosesor kopi, 1 orang roaster kopi, dan 8 orang pelaku usaha cafe di Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aliran produk pada manajemen rantai pasok kopi berlangsung satu arah yakni dari hulu (petani) menuju hilir (konsumen). Aliran produk pada manajemen rantai pasok kopi menunjukkan perubahan bentuk dari 7 Kg buah gelondong kopi menjadi 46 cup minuman kopi ditingkat usaha cafe. Aliran uang pada manajemen rantai pasok kopi berlangsung secara satu arah yakni dari hilir (Konsumen) menuju hulu (petani). Aliran uang pada manajemen rantai pasok kopi menunjukkan perubahan harga dari Rp.7000,00/kg kopi arabika ditingkat petani, kopi arabika menjadi Rp.19.8750,00/cup ditangan konsumen.Aliran informasi pada manajemen rantai pasok kopi berlangsung secara dua arah yakni dari hulu (petani) menuju hilir (konsumen) dan sebaliknya. Pada analisis nilai tambah terjadi perubahan paling besar ditingkat pelaku usaha cafe yakni mencapai 64% untuk kopi arabika dan 61% untuk kopi robusta
Kata Kunci : Kinerja Rantai Pasok, Aliran produk, Aliran uang, Aliran Informasi, Nilai Tambah

LOADING LIST...
gatotn3@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...