Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisa Rendemen dan Kualitas Kernel Produksi Pada Proses Pengolahan Kernel Secara Kering


INTISARI
Dalam proses pengolahan nut dan kernel selalu dituntut pengendalian losses yang minimal dan capaian produksi kernel yang maksimal. Kelebihan dari pemisahan kernel dengan menggunakan metode kering adalah menghemat biaya oprasional seperti penambahan alat kerja, penghematan penggunaan air, kebutuhan listrik dan penghematan biaya operator. Selain itu pemisahan menggunakan metode kering juga berdampak pada kuwalitas kernel yang dihasilkan dalam parameter moisture lebih rendah dibandingkan pemisahan dengan metode secara basah.

Penelitian ini bertujuan 1). Identifikasi peralatan pada proses pengolahan kernel secara kering. 2). Analisa komposisi kernel dan kualitas kernel produksi. 3). Analisis selisih biaya pada proses kernel secara kering dan basah.

Hasil Penelitian diperoleh rata-rata dari komposisi pada kernel produksi didapatkan Kernel utuh 69,05%, Kernel pecah 17,38%, Nut utuh 1,49, Nut pecah 7,94%, Dirt 7,82%, Moisture 6,74. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas kernel produksi yang dihasilkan masih pada standar yang ditentukan. Selisih biaya antara pengolahan kernel secara kering dan basah mencapai Rp. 2.205.000/Hari.

Kata kunci; Destoner, Ripple Mill, Winnower, Losses Kernel, Moisture Kernel, Dirt Kernel


LOADING LIST...
Giasmantara@gmail.com
Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP - Personal Name
Dr. Ir. Hermantoro, MS (P) - Personal Name
AB. Gias Mantara - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...