Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PRODUKTIVITAS PADI KABUPATEN SLEMAN DAN BANTUL-DIY


INTISARI

Penelitian inibertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi di kabupaten Sleman dan Banrul serta untuk mengetahui perbandingan hasil produksi padi di kabupaten Sleman dan Bantultelah dilaksanakan di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada bulan Desember 2018- Februari 2019.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang di formulasikan sebagai berikut. : Yi = β0+ β1X1+ β2X2 + β3X3 +E. Dimana : Y = Produksi padi (Kg GKP), X1 = Luas lahan (Ha), X2 = Curah hujan, X 3 = Pupuk, E = error. Setelah data pada masing-masing Kabupaten yaitu Bantul dan Slmean didapat kemudian dilakukan uji t untuk membandingkancurah hujan, luas lahan, pemakaian pupuk serta produksi padi di Kabupaten bantul dan Sleman.
Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari masing-masing instansi. Adapun sumber data yaitu Dinas pertanian Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul serta Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul serta (BPS Kabupaten Sleman dan Bantul)
Hasil penelitian menunjukkan Pemupukan berpengaruh nyata terhadap produksi padi di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman pada tahun 2006-2015.Curah hujan pemupukan tercukupi dengan baik maka produksi padi di Kabupaten Sleman dan Bantul. Produktivitas padi ton/ha di Kabupaten Bantul lebih baik dibandingkan Kabupaten Sleman.

Kata kunci : curah hujan, pemupukan, produksi padi kabupeten Bantul-Sleman,







LOADING LIST...
Saputraratri@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...