Ir. Enny Rahayu, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS DARI INOVASI SISTEM PEMUPUKAN MANUAL PADA AREAL RENDAHAN DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi inovasi pada sistem pemupukan manual pada areal rendahan yang telah dilaksanakan di PT. Tapian Nadenggan, Desa Biru Maju, Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah pada 03 November 2018 sampai 29 Maret 2019.
Penelitian menggunakan metode survey dengan analisis data yang digunakan ialah perhitungan manual untuk membandingkan sistem inovasi dengan sistem konvensional. Survey yang digunakan yaitu survey pendahuluan dimana dalam survey ini yang pertama menentukan lokasi penelitian kemudian menentukan batas tanda dan pengamatan sampel. Dalam pengamatan sampel yang diambil ialah waktu pengeceran dan waktu aplikasi yang diambil ketika pemupukan semester 2 2018 pupuk MOP sebagai sistem pemupukan yang konvensional dan pemupukan semester 1 2019 pupuk MOP sebagai sistem pemupukan yang inovasi.
Hasil penelitian menunjukkan efektivitas dari inovasi pemupukan manual pada areal rendahan dapat meningkatkan kinerja kerja mandor dalam melakukan pengawasan pemupukan dan meningkatkan prestasi kerja serta sistem inovasi pemupukan manual dapat meningkatkan efisiensi biaya pemupukan manual pada areal rendahan.
Kata kunci : Pemupukan manual, Waktu, Sistem.

LOADING LIST...
irvan.samdika97@gmail.com
Ir. Enny Rahayu, MP. (P) - Personal Name
Ir. Sri Gunawan, MP. - (P) - Personal Name
IRVAN SAMDIKA - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...