Dr. Ir. Hermantoro, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS WATER USAGE AKTUAL TANAMAN KELAPA SAWIT DENGAN VARIASI JENIS TANAH DI PT. WINDU NABATINDO LESTARI (BGA GROUP) PUNDU, KOTA WARINGIN TIMUR, KALIMANTAN TENGAH


ABSTRAK
Saat ini Perkebunan kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan andalan bagi Indonesia, dimana pada tahun 2015 total ekspor perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai hampir Rp 311,138 Triliun sehingga cukup menguntungkan devisa negara Indonesia. Namun muncul pandangan dari berbagai pihak bahwa tanaman kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan yang paling banyak menggunakan air. Kebutuhuan air tanaman kelapa sawit ini dapat dianalisis dengan menggunakan data sifat fisik tanah, data iklim, dan data produksi TBS kelapa sawit.
Tujuan penelitian ini ialah untuk memprediksi berapa kebutuhan air yang dibutuhkan tanaman kelapa sawit untuk menghasilkan TBS. Hasilnya dari 3 (tiga) jenis tanah yang diteliti kebutuhan untuk menghasilkan TBS ialah Local Alluvium sebesar 1,09 m3/kg Tbs, Paleudults sebesar 0,38 m3/kg Tbs, dan Plinthudults sebesar 0,41 m3/kg Tbs.

Kata Kunci : Putra Bintang Ath-Thariq ; Teknik Pertanian ; Water Usage
; Water Footprint

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...