(P) Ir. Sri Manu Rochmiyati, M. Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFISIENSI PEMUPUKAN SECARA MEKANIS DAN MANUAL TERHADAP OUTPUT DAN BIAYA PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


INTISARI

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui efisiensi pemupukan secara mekanis dan manual terhadap output dan biaya pada perkebunan kelapa sawit telah dilaksanakan di PT. Ketapang Agro Lestari yang terletak di Desa Lendian, Kecamatan Siluq Ngurai, Kabupaten Barong Tongkok, Provinsi Kalimantan Timur.
Penelitian dilakukan dengan metode survey topografi dan detail blok. Survey topografi dilakukan untuk memilih, mengetahui, mengenal kontur dan kelerengan kebun penelitian serta menentukan lokasi pengambilan sampel. Sedangkan survey detail blok dilakukan untuk mengetahui kondisi terasan dan jumlah pokok yang tersedia dalam 1 blok. Blok yang diaplikasi dengan pupuk secara mekanis dan manual ditentukan berdasarkan Rencana Kerja Bulanan yang dirancang oleh Assisten Afdeling. Jumlah blok aplikasi pemupukan mekanis adalah 30 blok, sedangkan pada aplikasi pemupukan manual adalah 13 blok. Pemupukan mekanis dan manual berpindah ke blok selanjutnya apabila pemupukan pada blok sebelumnya telah selesai seluruhnya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pemupukan manual presentase biaya selain pupuk sebesar13,27%, dan biaya pupuk sebesar 86,73%. Sedangkan pada pemupukan mekanis presentase biaya selain pupuk sebesar 3,89%, dan biaya pupuk sebesar 96,11%. Semakin banyak pupuk yang diaplikasikan di lapangan maka semakin besar biaya yang dikeluarkan. 60% dari seluruh biaya yang dikeluarkan untuk pekerjaan perawatan adalah biaya pemupukan, dan 85%-95% biaya pemupukan berasal dari biaya pupuk itu sendiri. Mekanisasi pemupukan tidak terlalu efisien bila dilihat dari segi biaya tetapi lebih efisien dibandingkan pemupukan manual apabila dilihat dari segi output yang dihasilkan.

Kata kunci : Efisiensi, Pemupukan mekanis, pemupukan manual.
LOADING LIST...
pastibisa.sn@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...