Arum Ambarsari, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI KOPI BUBUK ARABIKA DI KABUPATEN SIMALUNGUN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tambah produk olahan kopi biji (red cherry) menjadi bubuk arabika di Kecamatan Sidamanik dan Kecamtan Raya, Kabupaten Simalungun, untuk mengetahui proses pengolahan biji kopi arabika menjadi kopi bubuk, dan mengetahui seberapa besar pendapatan yang diperoleh dari hasil pengolahan biji kopi menjadi kopi bubuk arabika.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Data diperoleh menggunakan kusioner kepada 5 orang responden menggunakan Snowball sampling Penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis nilai tambah.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai tambah yang didapat pengusaha produk kopi bubuk arabika sebesar Rp. 39.160/Kg dengan ratio nilai tambahnya sebesar 77% / Kg. Hal ini berarti dari 1 Kg Red Cherry seharga Rp. 9.000 mendapatkan tambahan harga sebesar Rp. 20.160 sehingga setiap kilo buah menjadi Rp. 39.160.
Produk olahan kopi bubuk arabika simalungun ini memperoleh pendapatan setiap bulannya sebesar Rp. 7.141.197 diperoleh dari hasil penerimaan sebesar Rp. 12.816.000 dikurangi biaya keseluruhan sebesar Rp. 5.674.803.
Proses pengolahan kopi biji (red cherry) diawali dengan pengadaan kopi biji, lalu dilakukan sortasi biji, setelah sortasi biji telah dilakukan kemudian dilakukan penggilingan buah menggunkan mesin huller agar menghasilkan kopi beras. Setelah penggilingan selesai dilakukan penjemuran di dry station, kemudian dilakukan penyangraian. Setelah penyangraian selesai dilakukan lagi penghalusan kopi biji sangrai menggunakan mesin grinder yang sudah dilengkapi alat pengatur ukuran partikel biji kopi sehingga ukuran bubuk kopi seragam. Setelah itu tahap terakhir dilakukan pengemasan agar layak untuk di distribusikan menggukan kemasan alumunium foil 250gram.

LOADING LIST...
vadelspm@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...