Dr. ismiasih, S.TP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

peran penyuluh terhadap peningkatan produksi hasil panen pertanian padi di desa buyut baru kecamatan seputih raman kabupaten lampung tengah


PERAN PENYULUH TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI
HASIL PANEN PERTANIAN PADI DI DESA BUYUT BARU KECAMATAN SEPUTIH RAMAN
KABUPATEN LAMPUNG TENGAH


Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian dalam peningkatan produksi hasil pertanian padi di Desa Buyut Baru, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah dan untuk mengetahui kendala penyuluh pertanian di lapangan dalam kegiatan dan pelaksanaan upaya peningkatan produksi hasil pertanian padi di Desa Buyut Baru, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penentuan lokasi dalam penelitian ini menggunakan purposive. Pengambilan sampel secara purposive dengan cara sengaja. Jumlah sampel 30 orang responden yaitu masyarakat petani yang ada di Desa Buyut Baru.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran penyuluh dalam peningkatan produksi hasil petanian padi di Desa Buyut Baru, Kecamatan Seputih Raman, kabupaten Lampung Tengah di katagorikan sangat berperan dalam indikator penyuluh sebagai motivator, edukator, organisator dan penasihat sedangkan masuk dalam penilaian berperan terdapat dalam indikator, peran penyuluh sebagai katalisator dan komunikator. Namun secara umum peran penyuluh pertanian terhadap peningkatan produksi hasil panen pertanian padi di Desa Buyut Baru, kecamatan Seputih Raman, kabupaten Lampung Tengah di katagorikan sangat berperan.

Kata kunci: Penyuluhan, Peningkatan, Peran.


1 Mahasiswa Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta
1 Dosen Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta
1 Dosen Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta



LOADING LIST...
wayanwiku13@gmail.com
Dr. ismiasih, S.TP., M.Sc - Personal Name
Ir. Trismiaty, MP (P) - Personal Name
I Wayan Wiku Yana - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...