Istiti Purwandari, SP,. MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

TINGKAT PARTISIPASI KELOMPOK TANI TERHADAP KUD (Studi Kasus Di KUD Kusuma Bakti Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar Provinsi Riau)


Tujuan penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bentuk partisipasi kelompok tani madya dan kelompok tani lanjutan KUD 2) Mengetahui tingkat partisipasi kelompok tani madya dan kelompok tani lanjutan terhadap KUD 3) Mengetahui perbandingan partisipasi kelompok tani madya dan kelompok tani lanjutan terhadap KUD.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian dengan mengumpulkan data, mengolah data, mengklarifikasi data dan menginterpretasikannya, sehingga diperoleh gambaran yang jelas mengenai masalah yang diteliti. Metode penentuan lokasi yang digunakan metode purposive atau sengaja. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sampling digunakan untuk pengambilan sampel salah satu koperasi unit desa yang ada di Desa Sialang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Penelitian dilakukan pada bulan Juni-Juli 2018.
Hasil Penelitian terhadap tingkat partisipasi kelompok tani terhadap KUD di Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar Provinsi Riau, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Bentuk partisipasi di dalam KUD Kusuma Bakti yaitu : Rapat Anggota Tahunan (RAT), permodalan dan jasa dan layanan. 2. Terdapat perbedaan tingkat partisipasi pada kelompok tani madya dalam rapat anggota, permodalan serta layanan dan jasa lebih besar dar pada kelompok tani lanjutan. 3. Terdapat perbedaan dalam layanan dan jasa antara kelompok tani madya dan kelompok tani lanjutan. Tetapi tidak terdapat perbedaan pada rapat anggota dan permodalan.
Kata Kunci : Tingkat Partisipasi, Kelompok Tani, KUD

LOADING LIST...
Fadhilaarwinda01@gmail.com
2019
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...