Dr. Ir. Danang Manumono, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN ANGGOTA KELOMPOK TANI DI KECAMATAN MANYARAN, KABUPATEN WONOGIRI, PROVINSI JAWA TENGAH


PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN ANGGOTA KELOMPOK TANI DI KECAMATAN MANYARAN, KABUPATEN WONOGIRI, PROVINSI JAWA TENGAH
Harry Ridho Habibie
15 / 17993 / EP


INTISARI
Penelitian peran penyuluh pertanian dalam pengembangan anggota kelompok tani di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Manyaran, Jawa Tengah bertujan untuk mendeskripsikan peran penyuluh pertanian dalam pengembangan anggota kelompok tani di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh penyuluh dalam kegiatan penyuluhan pada kelompok tani di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.
Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Jenis data yang diambil adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan teknik obsrvasi, wawancara, dan pencatatan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran penyuluh sebagai penyuluh motivator, edukator, organisator, komunikator, katalisator dan konsultan dikategorikan sangat berperan. Pada kelas kelompok tani pemula yang diperoleh 831 pada kelas kelompok tani lanjut skor yang diperoleh 845, pada kelas kelompok tani madya skor yang diperoleh 384, pada kelas kelompok tani utama 412 dan keseluruhan skor yang di peroleh 2472, sehingga dapat disimpulkan bahwa penyuluh pertanian sangat berperan dalam pengembangan anggota kelompok tani di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Kendala-kendala yang dihadapi oleh penyuluh dalam pengembangan kelompok tani adalah motivasi, kedisiplinan dan kesadaran petani yang kurang, kurangnya kelas belajar mengajar. Dari hasil ini disarankan agar penyuluh juga diharapkan lebih meningkatkan lagi pembinaan terhadap kelompok tani.
Kata Kunci : Peran Penyuluh, Penyuluhan, Kelompok Tani
LOADING LIST...
harryridhohabibie@gmail.com
Dr. Ir. Danang Manumono, MS - Personal Name
Ir. Trismiaty, MP - Personal Name
HARRY RIDHO HABIBIE - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...