Dr. Ir. Candra Ginting, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PRODUKSI BLOK DENGAN PEMUPUKAN TANDAN KOSONG DAN BLOK TANPA TANDAN KOSONG


ANALISIS PRODUKSI BLOK DENGAN PEMUPUKAN TANDAN KOSONG DAN BLOK TANPA TANDAN KOSONG

DINO PRASETIO
15/17948/BP

INTISARI

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pengaplikasian tandan kosong kelapa sawit terhadap produksi kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di kebun kelapa sawit First Resources Grup Regional Kalimantan Barat, PT. Limpah Sejahtera, Afdeling VII dan Afdeling XVIII Estate II, Kecamatan Sungai Melayu, Kabupaten Ketapang, Provisi Kalimantan Barat.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Satu Faktor, terdiri dari 6 perlakuan dan 8 ulangan. Mengambil data produksi 4 tahun terakhir, historis produksi 5 tahun terakhir, dan data sensus produksi. Data hasil penelitian dianalisi dengan dengan menggunakan sidik ragam pada jenjang 5%. Beda nyata dalam perlakuan diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beda nyata pada beberapa parameter yang diamati. Pengaplikasian tandan kosong menunjukan adanya pengaruh terhadap produksi kelapa sawit. Pengaruh aplikasi terlihat pada parameter jumlah janjang dan berat janjang dimulai pada tahun kedua dan kenaikan tertinggi pada tahun ketiga setelah aplikasi.



Kata kunci : aplikasi tandan kosong, pemupukan organik, pemupukan anorganik.

LOADING LIST...
dino.prasetio.dp@gmail.com
Dr. Ir. Candra Ginting, MP (P) - Personal Name
Dino Prasetio - Personal Name
Ir. Pauliz Budi Hastuti - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...