Ir. W. Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Dosis Pupuk NPK dan Jenis ZPT Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Cabai Merah Keriting


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk NPK dan jenis zat pengatur tumbuh serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan produksi cabai merah keriting. Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret hingga Juli 2018 di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Rancangan penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap. Faktor Pertama adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari 3 aras yaitu : 1g/polybag, 3g/polybag, dan 5g/polybag setiap empat minggu sekali. Sedangkan Faktor kedua adalah jenis zat pengatur tumbuh yang terdiri dari 3 aras yaitu : Kontrol (tidak diberi perlakuan), Auksin, dan Giberelin setiap seminggu sekali. Data dianalisis menggunakan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Bila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) jenjang nyata 5%
Hasil penelitian menunjukkan Dosis pupuk NPK dan jenis zat pengatur tumbuh tidak berinteraksi nyata pada pertumbuhan dan hasil tanaman cabai. Dosis pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, berat segar buah, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar, dan berat kering akar pengaruh terbaik pada dosis 5 g/polybag. Pemberian zat pengatur tumbuh Auksin berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan Giberelin berpengaruh nyata terhadap berat kering akar.

Kata kunci : Dosis pupuk NPK, Jenis zat pengatur tumbuh, dan Cabai merah keriting.

LOADING LIST...
ziiyanazhar@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...