Dr. Ir. Hermantoro, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PENGARUH PEMANFAATAN AIR KONDENSAT SEBAGAI AIR PENGENCER TERHADAP KUALITAS DILUTED CRUDE OIL KAJIAN PENGARUH PEMANFAATAN AIR KONDENSAT SEBAGAI AIR PENGENCER TERHADAP KUALITAS DILUTED CRUDE OIL KAJIAN PENGARUH PEMANFAATAN AIR KONDENSAT SEBAGAI AIR PENGENCER TERHADAP KUALITAS DILUTED CRUDE OIL


ABSTRAK
Penelitian yang berjudul Kajian Pengaruh Pemanfaatan Air Kondensat Sebagai Air Pengencer Terhadap Kualitas Diluted Crude Oil ini berhasil dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui apa pengaruh yang ditimbulkan apabila kondensat yang masih mengandung minyak dimanfaatkan sebagai air pengencer terhadap kualitas DCO (Diluted Crude Oil).
Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu yang pertama penelitian pendahuan, pada tahap ini dilakukan penambahan air panas terhadap air kondensat yang akan di gunakan sebagai air pengencer. Penambahan air panas terhadap air kondensat dengan perbandingan 1 dan 1, menurunkan nilai FFA yang awalnya 6,24 % menjadi 3.45 %. Dan dengan menggunakan kondensat sebagai air pengencer maka minyak yang dapat dikutip reratanya sebanyak 1,53 %, sehingga kehilangan minyak dapat dikurangi.
Tahap yang kedua dilakukan penelitian inti yaitu perbandingan UNCO dan air pengencer. Ada dua jenis air pengencer yaitu air panas murni dan air kondensat yang ditambahkan air panas. Dan ada tiga variasi perbandingan yaitu UNCO yang menggunakan air panas dengan perbandingan UNCO 1 dan 0,5 air pengencer rerata kadar FFA 3.24 %, perbandingan UNCO 1 dan 1 air pengencer rerata kadar FFA 3.31 %, perbandingan UNCO 1 dan 1,5 air pengencer rerata kadar FFA 3.22 %. Sedangkan UNCO yang mengunakan air kondensat dan air panas yaitu perbandingan UNCO 1 dan 0,5 air pengencer rerata kadar FFA 4.40 %, perbandingan UNCO 1 dan 1 air pengencer rerata kadar FFA 4.60 %, perbandingan 1 dan 1,5 air pengencer rerata kadar FFA nya 3.24 %.
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa air kondensat yang telah ditambahkan air panas dapat dijadikan sebagai air pengencer dan perbandingan UNCO 1 dan 1 air pengencer adalah perbandingan yang baik dibandingkan dengan perlakuan perbandingan yang lain
Kata kunci: Air Kondensat, Air Pengencer

LOADING LIST...
aditiasodiq@gmail.com
Dr. Ir. Hermantoro, MS (P) - Personal Name
Ir. Siti Achadiyah, MS - Personal Name
ADITIA SODIQ ALIANUR - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...