Sugianto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MONITORING PERTUMBUHAN TANAMAN Eucalyptus sp PADA UMUR 3 BULAN MENGGUNAKAN HASIL FOTO UDARA DENGAN DRONE


MONITORING PERTUMBUHAN TANAMAN Eucalyptus sp PADA UMUR 3 BULAN MENGGUNAKAN HASIL FOTO UDARA DENGAN DRONE

SUGIANTO
15/17763/SHTI

INTISARI
Semakin berkembangnya suatu perusahaan HTI maka semakin besar juga bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi perusahaan tersebut, namun hal ini tidak sebanding dengan pertambahan luasan areal produksi perusahaan dan pertumbuhan tanaman di areal. Dengan adanya permasalahan tersebut maka perusahaan harus mencari cara agar produksi tetap berlangsung dengan baik, maka peruhahaan akan meningkatkan produktifitas tanaman pokok dengan cara memonitoring tanaman agar bisa memberikan penanganan yang tepat untuk meningkatkan produktifitas. Salah satu cara memonitoring tanaman juga bisa dilakukan menggunakan Drone.
Penelitian ini dilakukan di Estate Teso Barat PT RAPP, Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Tujuan dari penelitian ini adalah menaksir tinggi pohon Eucalyptus sp. berdasarkan diameter tajuk dengan memanfaatkan foto udara yang diambil menggunakan drone dan Menaksir pertumbuhan tanaman Eucayptus sp. menggunakan hasil foto udara dengan drone.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya nilai korelasi antara diameter tajuk dari foto dengan tinggi tanaman di lapangan. Nilai persamaan regresi yaitu Y = 0.5488 + 0.7855x yang memiliki nilai koefisien determinasi 0,55 dinyatakan baik untuk digunakan serta persamaan regresi ini dinyatakan bisa digunakan untuk menaksir tinggi tanaman Eucalyptus sp umur 3 bulan. Rata-rata pertambahan tinggi tanaman setiap bulan pada umur 3 bulan pada kompartemen yang diteliti adalah 46 cm.
Kata kunci: Drone, Diameter tajuk, Tinggi pohon, Tinggi taksiran.

LOADING LIST...
Sugianto - Personal Name
Ir. Sugeng Wahyudiono, MP. (P) - Personal Name
Ir. Tatik Suhartati, MP. - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...