Istiti Purwandari, SP,. MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERAN PENGURUS KOPERASI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI ( Studi di Koperasi Petani Tebu Sido Makmur, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta )


PERAN PENGURUS KOPERASI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI
( Studi di Koperasi Petani Tebu Sido Makmur, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta )
Bayu Candra Adi Pranata
15/17207/EP

INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan penilaian terhadap peran pengurus memberikan ide saran dan motivasi dalam meningkatkan partisipasi anggota koperasi serta untuk mengetahui peran dan penilaian terhadap peran pengurus memberikan pelayanan dalam meningkatkan partisipasi anggota koperasi. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan metode pengukuran yang digunakan yaitu skala likert.
Metode penentuan lokasi menggunakan purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan pertimbangan-pertimbangan tertentu dari peneliti. Penelitian dilaksanakan di Koperasi Petani Tebu Sido Makmur, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, dan metode penentuan sampel dengan simple random sampling merupakan teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata atau tingkatan anggota popoulasi tersebut. Sampel yang digunakan Sejumlah 30 responden.
Peran pengurus yang diukur adalah peran pengurus memberikan ide saran dan motivasi serta peran pengurus memberikan pelayanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pengurus memberikan ide saran dan motivasi dalam meningkatkan partisipasi anggota dalam rapat anggota, permodalan dan pemanfaatan layanan atau usaha adalah tinggi. Dengan tingkat nilai sebesar 93,63%. Peran pengurus memberikan pelayanan dalam meningkatkan partisipasi anggota dalam rapat anggota, permodalan dan pemanfaatan layanan atau usaha adalah tinggi. Dengan tingkat nilai sebesar 96,94 %.

Kata kunci : Koperasi, Peran Pengurus, Partisipasi Anggota.

LOADING LIST...
bayucandra.ap@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...