Prof.Dr. Kadarwati Budihardjo,SU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PRODUKSI KEBUN PETANI KELAPA SAWIT RAKYAT TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI (STUDI KASUS DI DESA AMIN JAYA, KECAMATAN PANGKALAN BANTENG, KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH) PENGARUH PRODUKSI KEBUN PETANI KELAPA SAWIT RAKYAT TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI (STUDI KASUS DI DESA AMIN JAYA, KECAMATAN PANGKALAN BANTENG, KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH)


PENGARUH PRODUKSI KEBUN PETANI KELAPA SAWIT RAKYAT TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI
(STUDI KASUS DI DESA AMIN JAYA, KECAMATAN PANGKALAN BANTENG, KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH)

OLEH

Heri Setyawan (2, , Hermantoro (1 , Kadarwati Budihardjo (1

(1 Dosen Program Magister Manajemen Perkebunan Institut Pertanian STIPER Yogyakarta.
(2 Mahasiswa Magister Manajemen Perkebunan Institut Pertanian STIPER Yogyakarta.
INTISARI
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan kebun petani kelapa sawit rakyat di Desa Amin Jaya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Dan Untuk mengetahui tingkat kesejahteraan petani kelapa sawit rakyat di Desa Amin Jaya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Metode Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah survei dan pengamatan langsung di lapangan. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder dengan jumlah responden sebanyak 30 responden. Analisis kelayakan usahan pengaruh produksi kebun petani kelapa sawit rakyat terhadap kesejahteraan petani yaitu biaya produksi dan revenue/cost ratio. Analisis komparatif luas lahan 1-2,5 ha dengan 2,6-5 ha. dan analisis pengaruh produksi terhadap kesejahteraan petani.
Hasil penelitian diperoleh analisa kelayakan usaha yaitu biaya produksi Rp. 21.109.718/Tahun dan total pendapatan sebesar Rp. 91.805.769/Tahun, R/C ratio 4,3 (layak). Komparatif produksi yaitu luas lahan 1-2,5 ha = 1780 kg/ha/tahun dan Luas lahan 2,6-5 ha = 4933 kg/ha/tahun. Pengaruh Produksi kebun petani kelapa sawit rakyat terhadap kesejahteraan petani menunjukkan hasil presentase 82,27% dimana nilai tersebut berada di dalam kelas interval “Sangat Setuju” yaitu produksi yang tinggi memberi pengaruh terhadap kesejahteraan petani.


Kata kunci : Petani Kelapa Sawit Rakyat, Produksi, Kesejahteraan.
LOADING LIST...
herisetyawaninstiper@gmail.com
Petani Kelapa Sawit Rakyat, Produksi, Kesejahteraa
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...