Dr. Ir. Hermantoro, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Model Analisis Densitas Perakaran Tanaman Kelapa Sawit Pada Berbagai Kedalaman


“MODEL ANALISIS DENSITAS PERAKARAN TANAMAN KELAPA SAWIT PADA BERBAGAI KEDALAMAN”

Joshua Martin Naibaho1, Hermantoro2, Lisma Safitri3
1Mahasiswa, 2Dosen Pembimbing, 3Dosen Penguji, Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper
Jl. Nangka 2, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281, Indonesia
Email : Joshua.naibaho96@gmail.com
ABSTRAK
Tanaman kelapa sawit memiliki jenis akar serabut yang digunakan oleh tanaman dalam penyerapan air dan penyerapan unsur hara yang terdapat di tanah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Arsitektur akar menyebar secara horizontal dan vertikal yang masing-masing akar terdiri dari akar primer, sekunder, tersier, dan kuarter. Penggunaan air oleh tanaman kelapa sawit salah satunya dapat dinyatakan dalam root water uptake. Root water uptake merupakan pengambilan air oleh tanaman dan juga root water uptake juga tergantung pada sebaran densitas akar pada tanaman tersebut apabila sebaran densitas akar tersebut sedikit atau kecil maka penggunaan air pada zona perakaran juga akan kecil. Densitas perakaran dapat di definisikan sebagai suatu besaran kerapatan massa akar yang dinyatakan dalam berat benda per satuan volume benda tersebut. Besaran massa jenis dapat membantu menerangkan mengapa akar yang berukuran sama memiliki berat yang berbeda. Saat ini untuk menganalisa densitas perakaran tanaman kelapa sawit dilakukan dengan menggali tanah dan mengambil sampel akarnya. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan berdasarkan jenis tanah dan umur tanaman dari kelapa sawit.
Tujuan dari penelitian ini ialah penyusunan model untuk menganalisis nilai prediksi / pendekatan dari densitas perakaran kelapa sawit pada berbagai kedalaman. Penyusunan metode analisa ini dilakukan dengan metode Artificial Neural Nework dengan variabel berupa nilai porositas tanah, umur tanaman, kedalaman, dan densitas perakaran.
Hasil penelitian ini adalah sebuah model yang dapat menganalisis densitas perakaran tanaman kelapa sawit, pada model yang telah dibuat dengan R-squared 0,9974257 dan RMSE 0,00065936 dengan error yang diberikan model 0,002723 dan steps 10335. Dari hasil validasi model dengan metode Cross Validation didapatkan nilai R-squared rata-rata 0.708269838, dan dari model yang sudah disusun dapat menghasilkan nilai prediksi densitas perakaran pada tanaman kelapa sawit pada berbagai kedalaman.

Kata Kunci :Densitas Akar, Model Analisis, Artificial Neural Nework, R-squared

LOADING LIST...
joshua.naibaho96@gmail.com
Dr. Ir. Hermantoro, MS (P) - Personal Name
Lisma Safitri, S.TP. M.Si - Personal Name
Joshua Martin Naibaho - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...