Ir. Adi Ruswanto, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FORMULASI PEMBUATAN BIOPOT DARI LIMBAH KULIT KAKAO DENGAN PATI TAPIOKA SEBAGAI PEREKAT


FORMULASI PEMBUATAN BIOPOT DARI LIMBAH KULIT KAKAO DENGAN PATI TAPIOKA SEBAGAI PEREKAT

Intisari

Telah dilakukan penelitian tentang formulasi pembuatan biopot dari limbah kulit kakao menggunakan pati tapioka sebagai perekat, tujuan penelitian adalah untuk memanfaatkan limbah kulit kakao sebagai bahan baku pembuatan biopot sehingga dilakukan penelitian, untuk mendapatkan perbandingan campuran yang terbaik antara kulit kakao dengan kertas semen serta untuk mengetahui persentase penambahan perekat tepung tapioka dalam pembuatan biopot.
Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah perbandingan jumlah kulit kakao dan kertas semen (A) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu: (A1) 50% : 50%, (A2) 60% : 40%, (A3) 70% : 30%. Faktor kedua adalah persentase penambahan perekat tepung tapioka (B) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu : B1 5%, B2 7,5%, B3 10%. Kemudian biopot yang sudah jadi dianalisis kadar air, daya serap air, densitas/kerapatan, pengembangan tebal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan jumlah kulit kakao dan kertas semen berpengaruh terhadap daya serap air, tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, densitas/kerapatan, dan pengembangan tebal biopot. Persentase penambahan perekat tepung tapioka berpengaruh terhadap densitas/kerapatan, dan tidak berpengaruh terhadap kadar air, daya serap air dan pengembangan tebal. Tidak terdapat interaksi antara perbandingan jumlah kulit kakao dan kertas semen dengan persentase penambahan perekat tepung tapioka. Berdasarkan hasil antara kedua faktor pada pembuatan biopot dari limbah kulit kakao menggunakan pati tapioka sebagai perekat didapatkan hasil terbaik pada A2B1 yaitu dengan perbandingan kulit kakao dan kertas semen yaitu 60% : 40% dengan persentase perekat tepung tapioka 5% memiliki kadar air 2,20%, daya serap air 70,16%, densitas/kerapatan 0,57 g/cm3, dan pengembangan tebal 12,56%.


Kata kunci : Biopot, kulit kakao, tepung tapioka.

LOADING LIST...
tamaratri25@gmail.com
Ir. Adi Ruswanto, MP (P) - Personal Name
TAMARA TRI KEMALA - Personal Name
Dina Mardhatilah, S.TP, M.Si - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...