DR. Y. TH. MARIA ASTUTI, M.SI (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Penambahan Cahaya dan Aplikasi Urin Ternak Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan cahaya dan urin ternak terhadap pertumbuhan bibit kakao. Penelitian ini dilakukan di lahan sekitar Maguwoharjo pada bulan Maret-Juli 2018
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (split plot). Main plot adalah penambahan cahaya yang terdiri dari 4 aras yaitu kontrol (tanpa penambahan cahaya), penambahan cahaya 2 jam, 4 jam, dan 8 jam. Sub plot berupa aplikasi urin ternak yang terdiri dari 4 macam urin ternak yaitu kontrol (tanpa urin ternak), urin sapi, urin kambing, dan urin kelinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian beberapa jenis urin ternak yaitu urin sapi, urin kambing dan urin kelinci memberikan pengaruh yang sama dengan hasil perlakuan kontrol terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, berat segar tanaman, berat kering tanaman, dan berat kering akar. Namun berpengaruh nyata terhadap kadar klorofil dan panjang akar, dan berat segar akar pada bibit tanaman kakao. Sedangkan pada penambahan cahaya tidak berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, berat segar tanaman, berat kering tanaman, panjang akar, dan berat segar akar. Penambahan cahaya berpengaruh nyata terhadap parameter kadar klorofil dan berat kering akar.

Kata kunci: Cahaya, Urin, Sapi, Kambing, Kelinci, Kakao

LOADING LIST...
simatupangarmando84@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...