Dr. Ir. Ida Bagus Banyura Partha, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KELAYAKAN USAHA GULA KELAPA ANGGOTA KOPERASI WANITA SRIKANDI KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH


ANALISIS KELAYAKAN USAHA GULA KELAPA ANGGOTA KOPERASI WANITA SRIKANDI KABUPATEN PURWOREJO, PROVINSI JAWA TENGAH

INTISARI
Kecamatan Loano dan Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah kajian penelitian. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha penderes gula kelapa, saluran dan marjin pemasaran penderes gula serta mengetahui apakah usaha penderes gula kelapa merupakan mata pencaharian utama anggota Koperasi Wanita Srikandi kabupaten Purworejo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Disproportionate stratified random sampling, dengan cara menganalisis data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari responden melalui wawancara dan kuisioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari catatan-catatan yang telah ada pada instansi yang terkait. Analisis kelayakan usaha penderes gula kelapa diantaranya biaya produksi, penerimaan, pendapatan, keuntungan, Break Even Point (BEP) dan Revenue/ Cost Ratio (R/C) dan analisis pemasaran yang meliputi marjin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya.

Hasil penelitian diperoleh bahwa analisa kelayakan usaha diantaranya biaya produksi Rp 7.023.054,17/ 5 bulan, penerimaan Rp 8.314.595,53/ 5 bulan, pendapatan Rp 6.906.145,53/ 5 bulan, keuntungan sebesar Rp. 1.291.541,36/ 5 bulan, BEP produksi gula cetak layak sedangkan BEP produksi gula semut/ kristal tidak layak dan BEP harga gula cetak layak sedangkan BEP harga gula semut/ kristal tidak layak, R/C ratio 1,18 (layak). Dari segi saluran pemasaran gula cetak yang paling efisien dengan nilai marjin pemasaran Rp. 758/ kg, nilai farmer’s share 94,77% dan nilai rasio keuntungan dan biaya 24,27 terdapat pada saluran I. Sedangkan saluran pemasaran yang paling efisien gula semut/ kristal dengan nilai marjin pemasaran Rp. 15.000/ kg, nilai farmer’s share 53,13% dan nilai rasio keuntungan dan biaya 9,78 terdapat pada saluran III. Usaha penderes gula kelapa merupakan usaha sampingan bagi anggota Koperasi Wanita Srikandi Kabupaten Purworejo.

Kata Kunci : Kelayakan, Pemasaran, Gula Cetak, Gula Semut/ Kristal
LOADING LIST...
nurlailafatmawati4@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...