Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH VOLUME PENYIRAMAN DAN ARANG SEKAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan arang sekam sebagai media terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit Elaeis guineensis jaqc. Penelitian ini dilaksanakan di kebun perumahan kontraan yang terletak di desa Karangnongko, Kalasan, Sleman, Yogyakarta dan penelitan pada bulan maret 2018 s/d juni 2018

Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL), pola faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu volume penyiraman yang terdiri dari 3 aras volume, yaitu 50 ml, 100 ml dan 150 ml disiramkan sehari 2 x pada media tanam. Faktor yang kedua adalah penambahan arang sekam untuk media tanam yang terdiri dari 3 aras, yaitu kontrol atau tanpa arang sekam, arang sekam 1:2 dan arang sekam 1:1. Data yang diperoleh dianalisis dengan analysis of variance (ANOVA), apabila signifikan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan (Duncan New Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.

Hasil analisis menunjukan Tidak terjadi interaksi antara volume penyiraman dan penambahan arang sekam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, kecuali luas daun, berat segar tanaman bagian atas, berat segar akar dan berat kering akar.Volume penyiraman 50 ml menghasilkan pengaruh yang sama dengan volume penyiraman 100 ml dan 150 ml . Hal ini berarti bahwa volume penyiraman 50 ml sudah cukup untuk menghasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.




Kata kunci : arang sekam, volume penyiraman, air, Elaeis guineensis jaqc.

LOADING LIST...
aliyulli97@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...