DEVIT AGUSTIN; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)DI PEMBIBITAN PT. INTI INDOSAWIT SUBUR, RIAU


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) pembibitan dan mengetahui berbagai hambatan atau kendala dalam penerapan SOP dipembibitan.Penelitian ini dilakukan di PT. Inti Indosawit Subur, Riau metode dasar penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dan studi kasus.
Metode pengukuran yang digunakan yaitu skala likert untuk mengetahui penerapan SOP karyawan di pembibitan berdasarkan skor. Data yang diambil adalah data primer dengan mengambil 26 responden. Pengukuran variablenya yaitu penerapan SOP di pembibitan.
Hasil penelitian yaitu Secara keseluruhan Standar Operasional Prosedur (SOP) di pembbitan PT. Inti Indosawit Subur belum diterapkan dengan baik dan dalam kategori sedang dengan presentase 46,15%. Hal ini dikarenakan masih banyak pekerjaan yang belum diterapkan sesuai dengan SOP diantaranya yaitu penyiraman pre-nursery, pemupukan pre-nursery, seleksi bibit pre-nursery, persiapan (Pancang), pemindahan bibit, penyiraman main-nursery, dan pengendalian hama dan penyakit main-nursery. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu hambatan organisasional dan hambatan operasional.
LOADING LIST...
devitagustin1997@gmail.com
DEVIT AGUSTIN - Personal Name
ISTITI PURWANDARI, SP., MP (P) - Personal Name
Ir. Listiyani, MP. - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...