Dr. Ir. Ida Bagus Banyuro Partha, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pemanfaatan Pektin Kulit Buah Kakao (Theobroma cacao L.) Sebagai Bahan Pembungkus Alami (Edible Film)


PEMANFAATAN PEKTIN KULIT BUAH KAKAO (Theobroma cacao L.) SEBAGAI BAHAN PEMBUNGKUS ALAMI (Edible Film)
Oleh :
Jati Sulistyo
15/ 17275/ THP/ STIPP
INTISARI
Telah dilakukan penelitian tentang pemanfaatan pektin kulit buah kakao (Theobroma cacao L) sebagai bahan pembungkus alami (edible film). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendemen dan karakteristik pektin kulit kakao serta karakteristik edible film pektin kulit buah kakao yang dihasilkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu pengaruh pH terhadap rendemen pektin (A) yang terdiri dari tiga taraf (A1 = pH 2, A2 = pH 3, A3 pH 4), dan faktor kedua yaitu konsentrasi gliserol (B) yang terdiri dari tiga taraf (B1 = 20%, B2 30%, B3 40%) masing – masing diulangi dua kali. Pektin yang dihasilkan dilakukan analisis kadar air, kadar abu, berak ekivalen, kadar metoksil, kadar asam galakturonat. Kemudian edible film yang dihasilkan dilakukan analisis ketebalan, laju transmisi uap air (WVTR), kekuatan renggang putus (tensile strength), tingkat perpanjangan (Elongation).
Secara keseluruhan pektin hasil ektraksi memiliki rendemen dan kadar air akan menurun seiring tingkat keasaman yang semakin menurun sedangkan kadar abu, berat ekivalen, kadar metoksil, dan kadar asam galakturonat akan meningkat seiring dengan semakin tinggi tingkat keasamannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rendeman tertinggi terdapat pada pektin dari kulit kakao pada ekstraksi pH 4, dengan karakteristik kadar air: 15,5112% (>12%), kadar abu: 5,1111% (
LOADING LIST...
jatisulistyo1997@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...