Pauliz Budi Hastuti; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS DAN DOSIS PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TEBU (Saccharum officinarum L.)[PEER REVIEW]


Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis dan dosis pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit tebu ini dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper yang terletak di desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap ( RAL) atau CRD (Completely Randomized Design) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah jenis pupuk organik yang terdiri atas 3 macam yaitu pupuk organik blotong (limbah padat pabrik tebu), pupuk guano, dan pupuk organik madu, sedangkan faktor kedua adalah dosis N pupuk organik yang terdiri dari 3 aras yaitu 10 gram, 15 gram, dan 20 gram, sehingga diperoleh 9 kombinasi perlakuan yang masing-masing diulang 6 kali. Sedangkan sebagai kontrol (hanya menggunakan pupuk ZA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kombinasi perlakuan antara jenis dan dosis pupuk organik memberikan hasil yang sama dengan kontrol (pupuk ZA) pada semua parameter pertumbuhan kecuali pada berat segar tunas. Terjadi interaksi yang nyata pada parameter luas daun, jumlah ruas, berat segar dan berat kering akar. Pemberian pupuk blotong dengan dosis N 10 g memberikan hasil terbaik pada parameter luas daun. Pemberian pupuk blotong dengan dosis N 15 g memberikan hasil terbaik pada parameter jumlah ruas. Pemberian pupuk blotong dengan dosis N 20 g memberikan hasil terbaik pada parameter berat segar dan berat kering akar.


Kata kunci : Pupuk organik, bibit tebu
LOADING LIST...
Pauliz Budi Hastuti - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
LOADING LIST...