Dr. ismiasih, S.TP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja panen studi kasus PT.Rigunas Agri Utama, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau


Penelitian analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja panen di PT.Rigunas Agri Utama ini memiliki tujuan untuk mengetahui berapa produktivitas tenaga kerja pemanen di satu afdeling di perusahaan Rigunas Agri Utama dan tujuan yang kedua untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pemanen di PT.Rigunas Agri Utama. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode deskriptif., sedangkan metode pemilihan lokasi penenlitian menggunakan metode purposiveyaitu penentuan daerah penelitian secara sengaja dengan mempertimbangkan hal-hal tertentu. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan metode sensus, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 tenaga kerja panen dalam 1 afdeling dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data dan pengamatan secara langsung.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu umur(x1), lama pendidikan(x2), jumlah tanggungan(x3), pengalaman bekerja(x4), upah(x5), premi(x6) dan status karyawan(x7). Dari hasil uji t variabel yang berpengaruh terhadap produktivitas yaitu upah dan premi karena nilai t-hitung pada variabel ini lebih kecil dibandingkan dengan nilai signifikan yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 0,01 atau 1%. Hasil dari uji f yaitu sebesar 0.0000 atau signifikan yang artinya variabel yang ada di dalam penelitian ini berpengaruh terhadap produktivitas dan pada uji R2 menghasilkan hasil regresi 99,99% dipengaruhi oleh variabel dalam penelitian ini. Produktivitas karyawan rata-rata telah mencapai hasil produktivitas yang lebih tinggi dari basis yang telah ditentukan oleh perusahaan. Produktivitas rata-rata karyawan harian lepas adalah mendapatkan 100 JJG/HK, sedangkan karyawan tetap produktivitasnya sebesar 89 JJG/HK.
Kata Kunci : Tenaga Kerja Panen, Produktivitas.

LOADING LIST...
ranggaapriyasmin@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...