Dr. Ir. Danang Manumono, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

USAHATANI KOPI ROBUSTA (Studi Kasus di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan dan sistim usahatani kopi di Desa Pulau Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan april hingga bulan mei 2018 yang bertempat di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Metode penentuan daerah lokasi penelitian adalah secara (purposive). Dan pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode Snowball Sampling Jumlah sampel yang diambil di daerah penelitian sebanyak 30 sampel dengan kriteria responden atau petani merupakan petani kopi yang berdomisili di daerah tersebut. Setiap dusun diambil 10 orang sampel. Metode ini diharapkan dapat mewakili populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan petani, usahatani kopi di Desa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin ini cukup menguntungkan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata pendapatan yang diterima petani adalah sebesar Rp. 32.479.791/ha/tahun.
Sistim usahatani yang digunakan oleh petani kopi di Desa Pulau Tengah tergolong cukup baik, hasil produksi yang dijual petani masih dalam bentuk biji kopi (OCE). Serta belum terdapart koperasi yang dapat membantu petani dalam usahataninya.
Faktor-faktor yang mendukung dalam usahatani kopi di Desa Pulau Tengah yakni sarana dan prasarana produksi mudah diperoleh, ketersediaan tenaga kerja yang memadai, masa kopi produksi kopi jangka panjang,dan permintaan terhadap kopi besar. sedangkan faktor-faktor yang tidak mendukung usahatani kopi yakni kurangnya modal untuk pengembangan usahatani,kelompok tani kurang diberdayakan, serta pemahaman petani dalam hal kualitas kopi yang baik masih relatif rendah.
Kata Kunci : Usatahani, Kopi, Teknis Budidaya.

LOADING LIST...
silvia.citra62@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...