Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Berbagai Warna Naungan dan Urin Kambing terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai warna naungan dan aplikasi urin kambing terhadap pertumbuhan bibit kakao. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 3 bulan dari bulan April sampai Juni 2018 dengan menggunakan tanah regusol.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (split plot). Main plot yaitu naungan plastik berwarna merah, biru, dan putih dan sub plotnya berupa aplikasi urin kambing yang terdiri dari konsentrasi 0% (Kontrol), 30%, 65% dan 100%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna naungan tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang, kandungan klorofil, berat segar akar, berat kering akar, berat segar tajuk, berat kering tajuk dan luas daun kecuali jumlah daun dan panjang akar. Namun pada aplikasi urin kambing tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah daun, diameter batang, berat segar akar dan berat kering akar kecuali tinggi tanaman, panjang akar, kandungan klorofil, berat segar tajuk dan berat kering tajuk. Perbandingan aplikasi urin kambing dengan konsentrasi 65% dan 100% memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap tinggi tanaman, kandungan klorofil, berat segar tajuk dan berat kering tajuk.

Kata kunci: warna naungan, perbandingan aplikasi urin kambing, bibit kakao dan tanah.

LOADING LIST...
fadillatunissa12@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...