Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH ZPT ALAMI DAN VOLUME PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE- NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh zpt alami dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian telah dilaksanakan di Dusun Paingan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei 2018.
Penelitian ini merupakan percobaan Faktorial dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Ramdomized Design (CRD). Faktor I adalah zpt alami yang terdiri dari 4 aras perlakuan yaitu : IAA 25 ppm, ekstrak kecambah, ekstrak bawang merah, dan ekstrak rebung. Faktor II adalah volume penyiraman yang terdiri dari 3 aras perlakuan yaitu : 100 ml, 150 ml dan 200 ml.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara pengaruh zpt alami dan volume penyiraman terhadap perumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Perlakuan pemberian ekstrak bawang merah dan ektrak rebung meningkatkan tinggi bibit, jumlah daun, berat kering akar, dan berat segar tajuk. Volume penyiraman memberikan pengaruh yang sama untuk semua parameter.


LOADING LIST...
Tryjalu@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...