Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RESPON BIBIT KELAPA SAWIT TERHADAP WARNA NAUNGAN DAN KOMPOS KOTORAN KAMBING


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon bibit kelapa sawit terhadap warna naungan dan kompos kotoran kambing. Peneletian ini dilaksanakan pada bulan April-juli 2018 di desa Maguwoharjo, Depok, Sleman D.I Yogyakarta dengan ketinggian 118 mdpl dan menggunakan tanah regusol.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan petak terbagi ( Split plot). Main plot berupa naungan plastik yang terdiri dari 3 aras yaitu warna putih, merah, biru. Sub plot berupa aplikasi kompos kotoran kambing yang terdiri dari 4 aras yaitu control (tanpa campuran kompos kambing) dan perbandingan kompos dan tanah dengan dosis 20%, 40% dan 60 %.
Hasil penelitian menunjukan warna naungan tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, luas daun, kandungan klorofil, diameter batang, berat segar tanaman bagian atas, panjang akar, berat kering tanaman bagian atas dan berat kering akar. Untuk aplikasi kompos kotoran juga menunjukan hasil yang tidak beda nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, kandungan klorofil, diameter batang, berat segar tanaman bagian atas, berat segar akar, jumlah akar, berat kering tanaman bagian atas dan berat kering akar.

LOADING LIST...
agleristo@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...