Christina Wahyu Ary Dewi, SP, M.Eng; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EVALUASI UPAYA PROGRAM UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN DAN GANGGUAN KESEHATAN TERHADAP KARYAWAN DALAM PENERAPAN SMK3


ABSTRAK
Sumber daya manusia (SDM) merupakan peranan penting bagi keberhasilan suatu organisasi atau perusahaan, karena manusia merupakan aset hidup yang perlu dipelihara dan dikembangkan. Oleh karena itu karyawan harus mendapatkan perhatian yang khusus dari perusahaan. Kenyataan bahwa manusia sebagai aset utama dalam organisasi.
Tujuan penelitian ini untuk Mengidentifikasi program-program dari panitia pembina keselamatan dan kesehatan kerja (P2K3) untuk mencegah kecelakaan dan Mengidentifikasi potensi bahaya di tempat kerja sebagai salah satu faktor penyebeb kecelakaan kerja untuk Menganalisis intensitas kejadian kecelakaan kerja dan klasifikasi tingkat resiko faktor dan penyebab keclakaan kerja.
Total angka kecelakaan pada pabrik kelapa sawit PT.CMA (Cempaka Mas Abadi) relatif tinggi dan bervariasi seperti kecelakaan berdasarkan unit kerja ialah unit work shop mencapai 28% yang mengalami kecelakaan. Gangguan kesehatan kerja pada karyawan pabrik PT.CMA masih relatif tinggi. Gangguan kesehatan kerja tertinggi berdasarkan departemen ialah bagian proses dan maintenance mencapai 69% luka berat dan luka kritis hingga mengakibatkan amputasi 8%. Pendidikan responden yang sering mengalami kecelakaan kerja tertinggi ialah SMA/sederajad dengan jumlah 72%. Dapat diketahui bahwa lama masa kerja responden yang mengalami kecelakaan kerja tertinggi adalah 44% dengan jumlah 11 orang yang masa kerjanya sudah mencapai 3-4 tahun.
Kata Kunci : Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Pembina Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
LOADING LIST...
mhd.munawir1922@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...