Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS UNSTRIPPED BUNCH (USB) DAN KEHILANGAN MINYAK DI JANJANG KOSONG PADA PROSES PEREBUSAN CONTINUOUS STERILIZER


INTISARI

Salah satu tahap dan penentu keberhasilan pengolahan minyak kelapa sawit adalah proses perebusan. Continuos Sterilizer merupakan sistem perebusan yang dilakukan secara berkelanjutan dalam proses perebusannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari mekanisme proses perebusan dengan sistem continuous sterilizer, menganalisis dan menghitung losses USB pada perebusan dengan sistem continuous sterilizer dan menentukan persentase kehilangan minyak pada tandan kosong.
Pelaksanaan penelitian ini dengan cara menghitung jumlah unstripped bunch (USB) dan melakukan pengambilan sampel pada janjang kosong keluaran thresher. Setelah dilakukan penghitungan dan pengambilan sampel kemudian dihitung lossesnya.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan losses USB masih berada diatas standar dari yang ditentukan perusahaan sebesar 1 %, sementara rata-rata persentase losses USB sebesar 2,26 %. Kehilangan minyak pada janjang kosong masih berada diatas standar dari yang ditentukan perusahaan sebesar 1 %, sementara rata-rata persentase kehilangan minyak pada janjang kosong sebesar 4,74 %.


Kata kunci : continuous sterilizer, unstripped bunch (USB), kehilangan minyak.
LOADING LIST...
yogi.puthra28@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Yogi Saputra - Personal Name
Ir. Eka Suhartanto, M.Si - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...