Ir. Sri Hastuti, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Perbandingan Tepung Empulur Kelapa Sawit dan Tepung Beras sebagai Bahan Pembuatan Mie Bihun dengan Variasi Lama Waktu pengukusan


Penelitian ini tentang pengaruh perbandingan tepung empulur kelapa sawit dan tepung beras sebagai bahan pembuatan mie putih dengan variasi lama waktu pengukusan, peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung empulur kelapa sawit dengan tepung beras serta lama waktu pengukusan terhadap sifat fisik dan sifat kimia mie putih yang dihasilkan agar disukai konsumen.
Rancangan percobaan penelitian menggunakan rancangan acak blok lengkap dua faktor. Faktor pertama yaitu perbandingan tepung batang kelapa sawit dan tepung beras dengan empat taraf yaitu A1 (10:80), A2 (20:70), A3 (30:60) dan A4 (40:50). Faktor kedua perbandingan lama waktu pengukusan dengan dua taraf yaitu B1 (15 menit) dan B2 (30 menit).
Perbandingan tepung empulur dan tepung beras berpengaruh nyata terhadap kadar lemak mie bihun, namun tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, kadar serat dan kadar protein. Suhu pengukusan tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak dan kadar serat. Perlakuan terbaik berdasarkan skor kesukaan organoleptik secara keseluruhan diperoleh pada perbandingan tepung empulur dengan tepung beras A3(30:60), dengan skor kesukaan aroma 3,96, tekstur 3,82, warna kering 3,84, warna basah 3,81 dan rasa 3,82. Suhu pengukusan terbaik ada di 15 menit dengan warna kering 3,77, warna basah 3,76, rasa 3,60, aroma 3,79 dan tekstur 3,77.

LOADING LIST...
csitepu67@gmail.com
Ir. Sri Hastuti, MS - Personal Name
NGATIRAH, SP. MP. (P) - Personal Name
Christian Sitepu - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...